Syumuliatul Islam


1. APA ITU SYUMULIATUL ISLAM?

Hampir seluruh istilah-istilah islam berasal dari bahasa Arab yang mana merupakan sumber atau asal muasal dari agama itu sendiri. Begitu pula apa yang disebut dengan syumuliatul islam. Syumuliatul islam terdiri dari dua kata, yaitu asysyamil yang berarti menyeluruh, dan al-islam. Dengan demikian dapat diartikan syumuliatul islam adalah kemenyeluruhan dalam islam.  Banyak yang mengartikan bahwa syumuliatul islam secara harfiah adalah islam agama yang menyeluruh. Namun jika ditela’ah dari segi nahwu tidak demikian. Kata al-islam di sini berposisi sebagai mudhaf ilaih, yang bukan merupakan kalimat utama. Yang merupakan kalimat utamanya adalah assyumuliatun, yang berposisi sebagai mudhaf dan juga sebagai mubtada’. Jadi yang perlu dikedepankan adalah kemenyeluruhannya. Namun kita tentunya tidak terpaku terhadap pengertian secara harfiah sehingga suatu pengertian terkadang tidak perlu kaku dan searah dengan bahasa aslinya. Yang terpenting adalah pemahaman kita terhadapnya.

Sekilas di atas saya hanya membeberkan sedikit pendapat subjektif saya yang awam ini tentang pengertian syumuliatul islam. Mohon koreksi bila ada kesalahan.

2. DALIL-DALIL

-“Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah syetan. Sungguh, ia musuh nyata bagimu” (Q.S 2:208)

-“..Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam sebagai agamamu…” (TQS Al-Maidah: 3)

3. ISLAM AGAMA YANG MENYELURUH

Islam merupakan agama yang mencakup berbagai aspek dalam kehidupan. Itulah yang menjadi inti dari apa yang disampaikan dalam syumuliatul islam. Kemenyeluruhun dalam islam mencakup berbagai aspek dalam kehidupan sehingga umatnya tidaklah perlu agama lain selain islam.

Islam merupakan sistem hidup (minhaj) yang menyeluruh. Di mana kemenyeluruhan tersebut terlihat dalam 3 karakteristik:

 1. Syumuliatul manhaj (komprehensif)

Islam sebagai sistem hidup yang komprehensif artinya islam menjangkau seluruh aspek kehidupan “panjang”, “luas”, dan “dalam”. Panjang artinya jangkauan waktu yang panjang. Sejak awal dunia hingga kiamat, sejak kelahiran hingga kematian, bahkan tiada batas. Luas  artinya menjangkau berbagai tempat, berbagai aspek, duniawi maupun ukhrawi. Dalam artinya menjangkau seluruh aspek tersebut secara mendalam dan detail baik yang zhahir maupun yang ghaib.

2. Washatiyatul manhaj (moderat)

Islam sebagai sistem hidup yang moderat artinya islam sebagai agama yang seimbang. Secara fikriyah, ruhaniyah, jasadiyah, dll. Jadi islam tidak hanya mencakup masalah ibadah, tapi juga berbagai aspek duniawi dan ukhrawi lainnya.

3. Taisiyatul manhaj (memudahkan)

Dalam islam dikenal dengan adanya rukhsah atau kemudahan. Sehingga ketika suatu hukum atau risalah tidak dapat dilakukan atau tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka islam memberikan keringanan. Dengan demikian dapat dikatakan islam memiliki toleransi tinggi terhadap pemeluknya.

Dengan demikian kita sudah bisa menilai betapa islam merupakan agama yang benar-benar memiliki cakupan yang menyeluruh dan tidak lekang oleh waktu. Sehingga kita harus bersyukur telah terlahir sebagai umat muslim.

Demikian di atas ulasanyang dapat saya uraikan dalam tulisan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga sebagai generasi muda islam dapat istiqamah dalam jalan da’wah dan mewujudkan kejayaan islam. Aamiin.

4. REFERENSI

One response to “Syumuliatul Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s