Islam dan Terorisme


Sebuah topik perbincangan yang tidak pernah ada habisnya saat ini adalah segala hal yang berkaitan dengan islam dan terorisme. Pertanyaannya, apakah islam itu teroris? kita akan cari jawabannya.
Sebelum menjawab hal itu, kita perlu mengetahui pengertian dari terorisme itu sendiri. Apa itu terorisme? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, terorisme memiliki arti penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan, dalam usaha mencapai suatu tujuan (terutama tujuan politik).
Dalam ajaran islam sendiri, sesuatu ataupun segala hal yang berhubungan dengan kekerasan adalah tidak dibenarkan.
Tuduhan terorisme terhadap islam itu sendiri tidak lepas dari perseteruan antara islam dan Barat. Gerakan-gerakan politik islam dianggap menjadi biang keladi terorisme saat ini. Sikap-sikap keras yang ditunjukkan islam terhadap berbagai tindakan politik yang dilakukan Barat semakin memperkuat anggapan tersebut. Namun, ada satu hal yang perlu kita cermati adalah bahwa saat ini dunia Barat masih di atas angin. Mereka lah yang menguasai media dan mengendalikannya dengan mengekspos kekerasan-kekerasan yang dilakukan oleh para teroris. Sehingga apa yang terlihat saat ini adalah kebrutalan-kebrutalan islam sebagai teroris. Sedangkan kekejaman mereka terhadap islam sendiri ditutup-tutupi sedemikian rupa sehingga yang terlihat adalah mereka melakukan hal tersebut sebagai langkah politik untuk melawan terorisme.
Kamal Abul Majid dalam al-irhab wal-islam membenarkan bahwa terorisme dalam islam terbentuk melalui keagamaan yang mengancam dan menakutkan. Bahwa terorisme telah tercantum sebelumnya dalam al-qur’an dengan istilah al-irhab, istilah yang digunakan dalam al-qur’an untuk melawan musuh Tuhan. Sebagaimana kita ketahui di awal, bahwa terorisme merupakan suatu  bentuk kekerasan dalam upaya mancapai suatu tujuan. Hal itu jelas berbeda dengan pengertian al-irhab, yaitu menggunakan atau mengorbankan apa yang kita miliki untuk membela agama Allah. Tidak ada kata kekerasan dalam islam.
Rasulullah bahkan bersabda:

Yang Artinya: Hai manusia, janganlah kamu menginginkan bertemu dengan musuh, dan mohonlah kepada Allah agar kalian terlepas dari marabahaya. Apabila kalian bertemu dengan musuh, maka bershabarlah dalam menghadapi mereka, dan ketahuilah bahwasanya surga itu dibawah bayangan pedang”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1372

Maka jelaslah bahwa sesungguhnya segala bentuk terorisme adalah sangat tidak sesuai dengan ajaran islam. Dan agama islam adalah benar-benar agama rahmatan lil’alamin. Demikian uraian ini, semoga dapat menjadi pencerah bagi para pembaca. Thanks N wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s