Rusia Bangun Hotel di Luar Angkasa


Sebuah proyek mutakhir kembali dimulai. 15 Agustus 2011, perusahaan swasta asal Rusia, orbital technologies secara resmi mengumumkan rencana pembangunan hotel ruang angkasa. proyek ini menjadi proyek ketiga yang berhubungan dengan hotel ruang angkasa. Pada tahun 2009, perusahaan arsitektur di Barcelona telah memiliki proyek hotel luar angkasa yang siap dihuni pada tahun 2012. Dua proyek ini terinspirasi dari bigelow aerospace yang telah meluncurkan Genesis II sebagai uji coba kemungkinan pembangunan sebuah hotel di luar angkasa.

Orbit dari hotel ini nantinya akan sama dengan orbit stasiun luar angkasa internasional ( International Space Station/ISS). Modul hotel ini dikatakan akan berbeda dengan ISS, yang  mengharuskan para wisatawan ruang angkasa untuk berdesak-desakkan dengan para astronot dan perlengkapan-perlengkapan mereka. “Modul yang kami rencanakan tidak akan mengingatkan anda pada ISS. Sebuah hotel harus nyaman di dalamnya dan memungkinkan untuk melihat bumi lewat lubang besar.” Kata Sergei Kostenko dari Orbital Technologies Rusia, kepada kantor berita RIA Novosti. Modul pertama hotel ini direncanakan akan memiliki 4 kabin berukuran 20 meter kubik yang bisa menampung 7 penumpang. Setiap ruangan akan dilengkapi fasilitas teropong dan kamera sehingga para tamu hotel bisa menikmati pemandangan ruang angkasa dari dalam kamar. “Hotel ini akan kami bangun senyaman mungkin dan memungkinkan para turis untuk menikmati pemandangan indah dari jendela kamar mereka.” Kata Kostenko, beberapa waktu lalu. Selain itu, para tamu juga akan bisa menikmati santapan-santapan yang lezat dari koki-koki ternama. Makanan-makanan tersebut nantinya akan dikirim langsung dari bumi dengan menggunakan roket. Makanan-makanan yang disajikan pun bisa dipesan sesuai keinginan para tamu, dengan catatan, alkohol dilarang keras di sini.  Selain itu, dalam keadaan tanpa gravitasi, penumpang dapat memilih tidur dalam posisi vertikal atau horizontal. Nantinya, penyiraman toilet tidak akan menggunakan air melainkan dengan menggunakan udara. Air mandi pun nantinya tidak akan dibuang sembarangan, mengingat tanpa gravitasi, air akan terbuang ke segala arah. Sementara di luar angkasa, para tamu harus membersihkan diri dengan menggunakan spons mandi. Semua limbah nantinya akan didaur ulang termasuk udara, yang akan disaring untuk menghilangkan bau bakteri, lalu dikembalikan ke kabin. Hotel ini juga akan dimanfaatkan sebagai kapsul penyelamat bagi para astronot yang mengalami krisis. Pembangunan hotel ini diperkirakan akan menghabiskan biaya tidak kurang dari 165000 dollar AS.

Energia, perusahaan pesawat angkasa luar milik Negara menjadi koordinator dari proyek ini. Sejumlah laporan menyebutkan, Energia telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Badan Ruang Angkasa Rusia, Roscosmos. Kostenko yakin para investor Rusia dan Amerika Serikat akan tertarik untuk menanamkan jutaan dollar untuk proyek ini.

Nantinya, para tamu akan diangkut dari bumi dengan menggunakan shuttle soyoz, pesawat ruang angkasa yang biasa digunakan untuk mengangkut para kosmonot ke ISS. Perjalanan 217 mil dari muka bumi ini akan memakan waktu dua hari.

Anda ingin mencoba? Tentunya bukan orang sembarangan yang bisa merasakan fasilitas luar biasa ini. Hotel ini diperuntukkan bagi orang-orang superkaya dan para peneliti perusahaan-perusahaan private yang akan melakukan penelitian di ruang angkasa. Tarif untuk hotel ini tidak disebutkan, namun diperkirakan Anda harus merogoh kocek sebanyak 100.000 – 500.000 poundsterling untuk bisa menikmati fasilitas ini.

Hebat bukan? Sekarang, kita masih menanti tunas-tunas bangsa Indonesia yang siap menciptakan gebrakan lainnya. Sekian uraian dari saya, semoga bisa memberikan banyak manfaat. Thanks And Wassalam.

Referensi              :

5 responses to “Rusia Bangun Hotel di Luar Angkasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s